Optimasi Komputer Tua Dengan Teknik Cloning (Bagian I)

[ad#ads1]

Kejadiannya beberapa bulan yang lalu tepatnya tanggal 26 Desember 2007, diawali dengan masuknya sebuah pesan di mail box saya beberapa hari sebelumnya dan ketika saya buka ternyata pesan itu dari seorang Kepala Sekolah sebuah SMP Swasta di kawasan Cibitung.

Pesan tersebut berbunyi ” pak andi, kami mendapat sumbangan dari sebuah perusahaan disini 10 komputer Pentium II. Maksud kami, komputer ini akan kami gunakan untuk keperluan lab praktikum komputer siswa-siswa kami. Maukah pak andi menolong kami agar komputer-komputer ini dapat bermanfaat ……” begitulah kira-kira bunyi pesan tersebut.

Sejenak saya termangu sambil berpikir, bagaimana caranya dengan pc yang memiliki prosesor pentium II tsb saya bisa menolong mereka *sambil saya berdoa mudah2an pc-pc tersebut masih nyala semua, atau kalau pun ada yang gak nyala, yach jangan banyak2 he he, dan jangan ada pc yang harus dimatikan pake karung basah …hue he he ..tapi ini dalam hatiku aja … walah walah ..*

Sekitar 2 hari kemudian terlintas dibenak saya untuk melakukan optimasi terhadap pc lawas di sekolah tsb dengan cara melakukan teknik pc cloning. Kebetulan ketika saya tanya apakah di sekolah tersebut memiliki pc dengan spesifikasi Prosesor Pentium IV, mereka menjawab ada. Teknik pc cloning ini merupakan teknologi terminal service pada jaringan komputer lokal baik yang menggunakan kabel, maupun jaringan tanpa kabel. Teknik ini memiliki kemampuan memberdayakan komputer tipe lama (PI, PII dan PIII) menjadi secepat Komputer yang memilki prosesor terbaru dan tercepat saat ini, yang dijadikan server, hanya dengan software dan memanfaatkan fasilitas Terminal Service yang ada pada Windows 2000 Server.

Ada beberapa manfaat menggunakan teknologi PC Cloning ini, antara lain:

1. Hemat biaya, karena kita hanya menggunakan satu unit komputer berkecepatan tinggi untuk dijadikan server.
2. Efisien, karena semua instalasi aplikasi hanyan dilakukan di server, sedangkan pc lawas/tua yang dijadikan client hanya perlu windows saja.

Singkat cerita, pada hari yang telah disepakati dengan sekolah tsb pagi2 sekali berangkatlah saya bersama seorang teman menuju kawasan Cibitung dengan menggunakan bus. Tiba di Cibitung ternyata sekolahnya jauh di pedalaman desa. Setelah melalui beberapa petak sawah *hue he he* tibalah saya di sekolah tersebut *capek dech ..he he he*. Gedung sekolahnya sangat sederhana …(jangan diceritain aja yach…). Setelah bertemu dan berbicara seperlunya dengan Kepala Sekolah dan beberapa orang guru (*yang bikin semangat, salah satu gurunya ada yang cewek, tapi sebulan lagi mo pensiun …yachhh ..nasib-nasib ..he he*), maka mulailah saya beraksi …walah ..walah …

Pertama saya cek dulu barang2 yang saya pesan ke pihak sekolah,antara lain : Kabel UTP, konektor RJ 45, Ethernet Card dan Switch 16 port. Setelah semuanya siap mulailah saya melakukan instalasi Windows 2000 Server pada komputer yang akan dijadikan server, yaitu pc rakitan PIV dengan prosesor 2,8 Ghz (*hmm ..saya gak nanya apakah pc tsb berasal dari sumbangan juga*). Ada hal yang penting waktu kita install windows 2000 Server untuk kebutuhan pc cloning, jangan lupa :

• Pada Windows 2000 Component Files;
• pilih: Networking Service;
Terminal Service
Terminal Service Licensing
• Klik Next: pilih Aplication Server Mode
• Kemudian pilih Permission compatible with terminal server 4.0 users, dan klik next
• Tunggu sampai proses instalasi selesai, klik Finish, komputer akan restart dan siap digunakan.

Ketika saya menginstall server, teman saya dibantu oleh guru komputer sekolah tersebut menyiapkan komputer client yang akan di cloning tersebut. Singkat cerita setelah semua client terhubung ke server, saya siap melakukan cloning untuk menjadi semua pc dgn prosesor P II tsb menjadi sama kecepatannya dengan komputer server.

Langkah pertama untuk melakukan cloning ini adalah dengan menginstal Protocol NetBEUI dan IPX/SPX, dengan cara:

• Pada Windows 2000 Server, klik kanan My Network Place dan pilih Properties;
• Klik kanan Local Area Connection, klik Properties dan pada kotak Local Area Connection, klik : Install, pilih : Protocol, klik Add;
• Pilih jenis protocol : NetBEUI, klik : OK;
• Klik: Install lagi, pilih Protocol, klik Add;
• Pilih jenis protocol : NWLink IPX/SPX Netbios Compatible;
• Klik : OK

Langkah berikutnya yang dilakukan adalah mengatur IP Adress dan membuat user untuk login ke server (langkah ini tidak diceritakan karema sama persis dgn apa yang kita lakukan pada jaringan LAN pada umumnya) …

Langkah berikutnya saya melakukan instalasi Citrix Metaframe yang merupakan piranti lunak untuk melakukan cloning pc. Pihak Citrix pada saat itu sudah mengeluarkan beberapa produk Metaframe, antara lain:

[ad#ads1]1. Citrix Metaframe 1.8 for Windows NT 4.0 Terminal Server Edition;
2. Citrix Metaframe 1.8 for Windows 2000 Server;
3. Citrix Metaframe XP yang dapat digunakan untuk Windows NT 4.0 Terminal Server dan Windows 2000 Server.

Saat itu saya menggunakan Citrix Metaframe 1.8 for Windows 2000 Server karena memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan, antara lain:

1. Kompatibel dengan berbagai macam system operasi, seperti DOS, Windows, Linux, Machintosh, dll.
2. Untuk client dapat menggunakan PC 286, 386, 486 dengan system operasi DOS atau tanpa harddisk;
3. Bisa di instalasi pada Windows NT 4.0 Terminal Server Edition dan Windows 2000 Server Family;
4. Sesuai dengan aplikasi terbaru dan berbasis XP;
5. Mendukung aplikasi multimedia.

Faslitas Citrix Metaframe XP

Sebelum melakukan instalasi Citrix Metaframe XP, sebaiknya kita megetahui terlebih dahulu mengenai Server Farm.
Server Farm merupakan administrasi terpusat yang memungkinkan seorang Administrator Jaringan melakukan kontrol terhadap user atau komputer client, seperti: Mengirim pesan dari Server ke client (send massage), melakukan pemutusan hubungan dengan client (disconnect) dan memonitor kegiatan client (fasilitas shadowing).
Pada saat instalasi kita diharuskan mengisi nama Server Farm, sedangkan untuk membuka Server Farm tersebut harus melalui fasilitas Citrix Metaframe Console, setelah proses instalasi selesai.

Sampai disini dulu yach, nanti dilanjutin dech …dengan cara instalasi Citrix Metaframe XP dan instalasi di client nya …

sumber andimujahidin.com

1 Comment »

  1. 1
    Admin Says:

    Moga Bermanfaat…..


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: